Senin, 16 Januari 2012

Mengatasi Error Saat Instalasi E-SPT Masa PPN 1111 di OS Windows XP

Mengatasi Error Saat Instalasi E-SPT Masa PPN 1111 di OS Windows XP

Warning : Artikel atau peraturan pajak ini dipublish beberapa saat/ waktu yang lalu  sehingga mungkin saja saat ini sudah tidak relevan lagi, karena sifat pajak yang dinamis.

Ada perbedaan perlakuan saat instalasi E-SPT Masa PPN 1111 di Operating System Windows XP dan Windows 7. Menginstall E-SPT PPN di windows 7 biasanya tidak akan ada masalah dan lancar-lancar saja. Hal ini karena di OS Windows 7 sudah terinstal ataupun sudah terintegrasi dengan program-program/ software pendukung seperti .Net framework 3.5, Report Viewer, Windows Installer 3.1. Sedangkan di OS Windows XP, terkadang ada masalah (tapi tidak semua) waktu menginstal E-SPT PPN 1111. Untuk mengatasi hal tersebut cobalah cara-cara berikut ini;
  1. Non Aktifkan Antivirus yang ada, karena terkadang antivirus akan memblock program yang tidak dikenal masuk ke komputer.
  2. Non aktifkan firewall, Automatic Updates, dan virus protection, sehingga tampak seperti gambar di bawah ini; Masuk Control Panel =? Security Center.
error-install
  1. Terlebih dahulu install .Net framework 3.5, Report Viewer, Windows Installer 3.1. yang dapat di unduh disini.
  2. Gunakan software e-SPT Masa PPN 1111 full version (kurang lebih ukuran 250MB) yang bisa diperoleh secara gratis di seksi PDI Kantor Pajak.
  3. Apabila langkah-langkah diatas sudah dijalankan dan masih error saat instalasi E-SPT Masa PPN, sepertinya Anda harus datang ke seksi PDI Kantor Pajak yang akan memandu Anda dalam proses  instalasinya, tentunya dengan membawa laptop Anda.
Jasa konsultasi pajak Jasa konsultasi pembuatan SPT Masa dan SPT Tahunan